Tak Hanya Vaksin Covid-19, Suir Syam Minta Pemerintah Genjot Imunisasi Penyakit Menular

    Tak Hanya Vaksin Covid-19, Suir Syam Minta Pemerintah Genjot Imunisasi Penyakit Menular
    Anggota Komisi IX DPR RI Suir Syam

    JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Suir Syam meminta pemerintah kembali menggerakkan dan menggalakkan program-program imunisasi pada anak, seperti saat sebelum terjadi pandemi Covid-19. Hal ini disampaikannya terkait dengan munculnya penyakit-penyakit menular lain yang memiliki keterikatan dengan penyakit menular yang sebelumnya telah bisa dikendalikan, seperti hepatitis akut.

    “Jadi kita sekarang ini meminta kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan untuk lebih mengaktifkan lagi ya vaksin-vaksin, imunisasi terhadap anak-anak, ” ungkap Suir Syam di Gedung Nusantara 1, Senayan, Jakarta, baru-baru ini.

    Menurutnya, selama masa pandemi perhatian masyarakat dan pemerintah berfokus pada penanganan dan vaksinasi Covid-19, sehingga vaksinasi penyakit menular lainnya kurang mendapatkan perhatian.

    “Sekarang juga berkembang penyakit-penyakit yang bisa dicegah tapi kambuh lagi, contoh hepatitis, kemudian rubella, kemudian campak, kemudian difteri. Kenapa? Karena kita kemarin ini terfokus ke vaksin Covid, ” tambahnya

    Selanjutnya Suir Syam mengungkapkan, selama pandemi beberapa waktu lalu, banyak masyarakat yang khawatir dan ragu membawa anaknya untuk melakukan imunisasi ke Puskesmas maupun layanan kesehatan lain. Menurutnya, dengan tidak lengkapnya imunisasi yang diterima oleh anak-anak maka bisa memunculkan potensi serangan penyakit menular yang sebenarnya telah dapat dikendalikan.

    “Yang kedua, orang takut membawa anaknya ke Puskesmas, sehingga banyak imunisasi anak kita itu tidak lengkap. Tertinggal lah. Akibat kurang imunisasi sehingga kambuh lagi penyakit-penyakit yang lama itu, ” tambah legislator daerah pemilihan Sumatera Barat I ini.

    RI1.CO.ID
    market.biz.id RI1.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Suir Syam juga meminta adanya penelitian lebih lanjut terkait metode penyebaran virus hepatitis yang dikabarkan berpotensi terjadi penularan lewat udara. Ia pun kembali menegaskan pentingnya melengkapi imunisasi sebagai salah satu langkah pencegahan penyakit menular. “Jadi itu kan perlu penelitian lebih lanjut ya, kalau hepatitis kita sama tahu ya. Yang penting itu, imunisasinya harus dilengkapi, kemudian bagaimana pencegahannya?” tandas anggota dewan yang juga dokter ini. 

    Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan RI, terdapat 3 kelompok besar yang ada pada rangkaian Imunisasi Rutin Lengkap yaitu; Imunisasi Dasar Lengkap pada bayi usia 0-11 bulan (HB0 1 dosis, BCG 1 dosis, DPT-HB-Hib 3 dosis, Polio tetes (OPV) 4 dosis, Polio suntik (IPV) 1 dosis, Campak Rubella 1 dosis), Imunisasi Lanjutan Baduta pada anak usia 18-24 bulan (DPT-HB-Hib 1 dosis, Campak Rubela 1 dosis); serta Imunisasi Lanjutan Anak Sekolah Dasar/sederajat pada Program Tahunan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) yang meliputi imunisasi Campak Rubella dan DT pada siswa kelas 1 dan Tetanus diphteria (Td) pada siswa kelas 2 dan 5. (uc/sf)

    Suir Syam DPR RI KOMISI IX GERINDRA
    POLITISI.ID

    POLITISI.ID

    Artikel Sebelumnya

    70 Persen Nakes Puskesmas Non-ASN, Edy Wuryanto...

    Artikel Berikutnya

    Mulyanto Prihatin Cara Kerja Pemerintah...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 77

    Postingan Tahun ini: 2543

    Registered: Jul 17, 2020

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 71

    Postingan Tahun ini: 1872

    Registered: May 25, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 32

    Postingan Tahun ini: 665

    Registered: Nov 15, 2021

    Ryawan Saiyed

    Ryawan Saiyed verified

    Postingan Bulan ini: 29

    Postingan Tahun ini: 743

    Registered: Nov 23, 2021

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Kpt Arm Witono: Mari Sosialisasikan Bahaya Narkoba
    Dandim 0620/Kabupaten Cirebon,Danyon Arhanud-14/PWY, Danlanal Cirebon Beri Kejutan Hari Bhayangkara ke-76 ke Kapolresta Cirebon
    Meriahkan Hari Bhayangkara Ke-76, Ribuan Peserta Berpartisipasi Dalam Lomba Burung Berkicau Yang Digelar Polres Pekalongan
    Wujud Kekompakan, Babinsa Koramil 0809/05 Grogol, Bersama Tiga Pilar Desa Wonoasri, Gotong Royong Kerja Bakti Bikin Jalan Tembus

    Rekomendasi

    Hadiri Rakor TPID, Gubernur NTB Tegaskan Pentingnya Pengendalian Inflasi
    Jelang Monev Keterbukaan Informasi Publik, Wagub NTB Terima Audiensi KI NTB
    Calon Tunggal Tuan Rumah Bersama PON 2028, NTB dan NTT Serahkan Berkas Pencalonan
    Menilik Rekam Jejak ACT di Sumbar, Dapat Tempat Istimewa Berbalas Penghargaan ‘Provinsi Dermawan
    Bersama Anggota Forkopimda NTB Lainnya Direktur RSUD NTB Hadiri Upacara HUT Bhayangkara ke 76

    Ikuti Kami